Berat Badan Ideal ?

“Berat Badan Idealku berapa ya?” Pasti semua orang ingin tau. Ngga pengen too skinny, ngga juga too phat (loh??). In this session, aku akan kasih tahu caranya menghitung Berat Badan Ideal secara singkat for semua umur.

1. Berat Badan Ideal (BBI) bayi (anak 0-12 bulan)
BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

2. BBI untuk anak (1-10 tahun)
BBI = (umur (thn) x 2 ) + 8

3. Remaja dan dewasa
BBI = (TB – 100) – (TB – 100) x 10%
atau
BBI = (TB – 100) x 90%

[Ket:]
TB = Tinggi badan (cm)

Wah, kalo data TB tidak diketahui bagaimana? Misalnya pada pasien ascites atau eudeme anasarka, kan susah tuh.. ga mungkin pake berat badan aktual (selain juga bisa konversi -30% dari BB aktual),, atau pada pasien pasca bedah, ga mungkin kita ukur tingginya.. so, Konversi dong dari nilai antropomentri Tinggi lutut atau rentang lengan.

TB berdasarkan Tinggi Lutut (TL)
TB Pria = 6,50 + (1,38 + TL) – (0,08 x U)
TB Wanita = 89,68 + (1,53 x TL) – (0,17 x U)

TB berdasarkan Rentang Lengan (RL)
TB Pria = 118,24 + (0,28 x RL) – 0,07 x U)
TB Wanita = 63,18 + (0,63 x RL) – 0,17 x U)

[ket:]
U = Umur (tahun)

Nah, sekarang udah bisa kan menghitung berat badan ideal. Berat badan normal juga dapat diketahui. Yaitu dengan menambah dan mengurangi 10% dari BBI.
BB normal = -10% BBI sampai dengan +10% BBI.
Jadi, BB normal sebenarnya merupakan range, tidak dapat dipatok pada angka tertentu.

sumber :  geasy.wordpress.com

4 thoughts on “Berat Badan Ideal ?

  1. MMMM….
    dah 3 blan BB q naik biasan aklo ga 42-43 kg
    skrg berat ku 46 kg ,,TB 149 cm…
    dah ngrasa ga nyman bgt ne,,,

    please help me.. kasih solusi bwt nuruni BB q,,,,??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s